Skip to main content

Makna Dan Tips Jual Beli Secara Online

Jual Beli Online

Perkembangan teknologi dan komunikasi baru ini memang sangat pesat di Indonesia. Itu juga berimbas dengan terjadinya beberapa kemudahan tentang transaksi jual dan beli secara online. Jual beli online memiliki maksud sederhana yakni dengan mempertemukan pedagang dan pembeli dalam suatu media berbasis teknologi informasi yang terkoneksi dengan jaringan internet. Perkembangan jual beli online sangat cepat dan luas meliputi berbagai bidang.

Tips jual beli online sendiri bisa melibatkan berbagai orang yang meliputi penjual , pembeli dan orang yang mempertemukan keduanya. Jual beli online biasanya orang akan bergabung dengan situs jasa penyedia jual beli online atau forum jual beli online. Tetapi juga terdapat situs jual beli online baru yang bersifat lebih khusus dengan nama online shop. Biasanya situs ini menyediakan berbagai macam barang baru atau hanya khusus satu jenis saja misalkan produk kecantikan atau pembelian gadget.

Berikut tentang aturan yang harus ada dalam proses Jual Beli Online :
  1. Bersikap baik dan santun sebagai penjual atau pembeli
  2. Pakailah komunikasi yang dapat membuat nyaman proses jual beli online seperti handphone, sms, e-mail atau chatting
  3. Percayakan proses pengiriman barang terhadap pihak ketiga yang sudah memiliki kredible dalam bidang jual beli online termasuk proses transfer budget pembelian barang
  4. Pakailah jasa situs jual beli online ,forum jual beli online atau online shop yang sudah terpercaya memiliki jaringan luas di Indonesia
Peraturan Jual Beli Online untuk pihak penjual juga harus mencantumkan beberapa poin penting untuk memperjelas pembeli yang ingin melakukan transaksi pembelian, agar mudah dan tidak terjadi kesalah pahaman.
Berikut aturan yang harus patuhi oleh penjual dalam proses jual beli online sebagai berikut ini :
  1. Barang yang ingin di jual haruslah milik sendiri. Bila ingin menjualkan barang teman atau sahabat pastikan sudah memiliki ijin dari pemiliknya. Karena faktor ini sangat penting agar sebagai penjual mendapat keuntungan bukan suatu kerugian.
  2. Cantumkan keterangan jelas tentang spesifikasi barang yang akan anda jual. Sebab ini akan membuat paham pembeli agar postingan anda tidak mendapat masalah atau bullying.
  3. Berilah patokan harga yang sesuai dengan kondisi barang. Selain itu tetapkan harga seperti harga pas, harga nego ,tukar tambah atau barter.
  4. Cantumkan alamat jelas beserta nomor handphone yang dapat di hubungi oleh pembeli atau anda dapat mencantumkan pin BlackBerry atau media sosial yang anda miliki agar mudah untuk melakukan transaksi barang.
  5. Tampilkan foto tentang wujud barang yang ingin anda jual. Sebab foto sangat membantu pentingnya minat pembeli.
  6. Lakukan COD (Cash On Delivery) atau PCB ( Pantau Cocok Bayar)
Bagi pembeli juga harus mematuhi aturan yang ada dalam proses jual beli online sebagai berikut ini :
  • Bagi pembeli carilah barang yang cocok dengan minat anda serta usahakan sesuai dengan budget kantong anda.
  • Pakailah komunikasi yang mempermudah dalam, setiap proses jual beli online.
  • Pastikan kondisi barang masih bagus dan layak pakai serta tidak memiliki kecacatan fisik. Sebab jika tidak teliti dalam membeli anda bisa merugi akibat proses jual beli online.
  • Lakukan proses transfer uang dengan memakai rekening sendiri dan pastikan keamanan dalam proses pengiriman barang sesuai alamat yang anda berikan kepada penjual.
Belanja Online

Masalah Jual Beli Online yang sering terjadi adalah produk yang tertampilkan dalam situs jual beli online atau forum jual beli online tidak sesuai dengan kondisi real ketika sampai kepada tangan pembeli. Tentu ini yang harus menjadi waspada untuk setiap pembeli agar cermat dalam memilih barang dalam proses jual beli online.

Pelaku tentang jual beli online juga sangat bermacam – macam untuk itu sebagai pembeli harus cermat mengenali toko – toko online shop selain situs jual beli online atau forum jual beli online. Pastikan toko online shop juga memiliki toko offline yang bisa terpantau secara nyata. Pastikan ijin usaha dan sertifikasi dagang juga tercantum ketika anda mengunjungi toko online shop tersebut.

Selamat mencoba bertransaksi jual beli online yang kini kian menjadi daya tarik mempertemukan penjual dan pembeli.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Redirect/Mengalihkan Halaman Ke Halaman Lain Di Blog

Cara Redirect/Mengalihkan Halaman Ke Halaman Lain Di Blog - Bisa saja artikel kali ini mempunyai arti sama dengan "cara redirect url postingan ke url postingan lain dalam satu blog". Jelas ini berbeda dengan pengalihan alamat blogspot atau wordpress ke Top Level Domain (TLD) yang biasanya menggunakan namadomainanda.com yang juga sering disebut dengan custom domain blog. Kalau custom domain blog, memerlukan sebuah TLD yang bisa kita membelinya atau lebih tepatnya menyewa di tempat-tempat penjual domain. Untuk lebih mudah memahami maksud saya di perihal custom domain blog ke TLD silahkan lihat skemanya dibawah ini. Katakanlah Anda memiliki blog dengan alamat http://namabloganda.blogspot.com dan di alihkan ke domain namadomainanda.com, dengan melakukan pengaturan DNS dan hal lainnya, maka setiap kunjungan ke alamat blogspot Anda tadi akan secara otomatis akan masuk ke namadomainanda.com. Apapun yang url dari blog anda secara otomatis akan dialihkan ke nama domain anda, m

Cara Mudah Membuat Email Gratis

Email Logo Cara Membuat Email Gratis - Untuk sebagian orang tidak merasa kesulitan dalam membuat email, tetapi tidak sedikit pula yang mengetahui langkah-langkah membuat email mengingat penetrasi internet di Indonesia tidak secepat negara-negara lain. Kamu yang baru mengenal internet, jangan takut dan sedih karena blog ini akan memandu kamu memahami seluk beluk internet dan perkembangannya. Sebelum kita masuk ke panduan bagaimana caranya membuat email secara gratis, ada baiknya kamu mengenali dahulu apa arti Email yang memiliki kepanjangan Electronic Mail (Surat Elektronik) ini dan kamu bisa membaca artikel mengenal email dan fungsinya, silahkan klik disini. Ada banyak layanan email yang bisa kamu gunakan, ada yang berbayar ada juga yang gratis. Pilih mana ? Berbayar atau gratis ? Penulis merasa tahu bahwa kamu memilih layanan email yang gratis, (kalau ada yang gratis kenapa harus bayar... ya kan ?) Untuk itu simak langkah-langkah membuat email gratis berikut ini... Layanan

Woow.. Penting, Panas, Perlu dan Seruu

Woow.. Penting, Panas, Perlu dan Seruu - Hari ini ada sesuatu yang penting, panas, perlu dan seruu kalau boleh dibilang sih ini adalah bagiannya dari barometer berita terkini tak lain adalah seruu.com. Kalau tidak boleh bilang ya, ga perlu saya katakan "penting, panas, perlu dan seruu" seperti perkataan diatas karena seruu[dot]com berkaitan sekali dengan hal itu. Lalu maknanya apa sih kok bisa penting, panas, perlu dan seruu ?? Dengarkan saya, sebenarnya seruu.com itu seperti gudangnya segala macam berita, mulai dari berita harian dalam negeri sampai manca negara ada disana. Bukan itu saja, fasilitas yang disajikan untuk visitornya juga komplit. Kita bisa mendengarkan musik sekaligus melihat musik chart, bisa nonton video dan ada radionya pula. Gimana ngga penting, panas, perlu dan seruu kalau semua yang dibutuhkan pemburu berita terkini ada disana plus hiburannya. Coba lihat penampilan halaman depan dari website tersebut dibawah ini.  Atau mau langsung saja m