Skip to main content

Cara Redirect/Mengalihkan Halaman Ke Halaman Lain Di Blog

Cara Redirect/Mengalihkan Halaman Ke Halaman Lain Di Blog - Bisa saja artikel kali ini mempunyai arti sama dengan "cara redirect url postingan ke url postingan lain dalam satu blog". Jelas ini berbeda dengan pengalihan alamat blogspot atau wordpress ke Top Level Domain (TLD) yang biasanya menggunakan namadomainanda.com yang juga sering disebut dengan custom domain blog.
Kalau custom domain blog, memerlukan sebuah TLD yang bisa kita membelinya atau lebih tepatnya menyewa di tempat-tempat penjual domain. Untuk lebih mudah memahami maksud saya di perihal custom domain blog ke TLD silahkan lihat skemanya dibawah ini.


mengalihkan atau redirect url ke url lain

Katakanlah Anda memiliki blog dengan alamat http://namabloganda.blogspot.com dan di alihkan ke domain namadomainanda.com, dengan melakukan pengaturan DNS dan hal lainnya, maka setiap kunjungan ke alamat blogspot Anda tadi akan secara otomatis akan masuk ke namadomainanda.com. Apapun yang url dari blog anda secara otomatis akan dialihkan ke nama domain anda, mulai dari homepage beserta url-url postingan.


Awal
Proses
Hasil
(Home Page)
http://namabloganda.blogspot.com
Custom Domain (Home Page)
http://namadomainanda.com
(URL postng/page)
http://namabloganda.com/contact-us.html
(URL posting/page)
http://namadomainanda.com/contact-us.html

Jadi custom domain dilakukan sekali saja, maka secara otomatis pengalihan akan terus berlaku selama tidak terjadi perubahan setting baik di blogspotnya maupun pada domain terkait.
Dari skema diatas, pastinya Anda sudah mengetahui apa itu custom domain.
Dalam artikel ini saya tidak berbicara bagaimana detail cara custom domain blog. Kemungkinan nanti pada artikel-artikel selanjutnya saja kita membicarakan hal tersebut.

Kembali pada judul artikel ini Cara Redirect/Mengalihkan Halaman Ke Halaman Lain Di Blogger, mari perhatikan skema berikut.

Pernahkah Anda berkeinginan untuk mengalihkan halaman posting yang dikunjungi secara otomatis menuju ke halaman lain namun tetap dalam satu blog ?? Jika ya, itu berarti artikel redirect ini bisa jadi referensi Anda sebagai solusi mengalihkan sebuah url posting blog ke url posting blog lainnya.
Awal
Proses
Hasil
http://namabloganda.blogspot.com/bla-bla-bla1.html redirect http://namabloganda.blogspot.com/bla-bla-bla2.html
Dari tabel diatas sudah jelas sekali fungsi redirect ini, terlihat url postingan/page http://namabloganda.blogspot.com/bla-bla-bla1.html akan di alihkan ke url postingan http://namabloganda.blogspot.com/bla-bla-bla2.html. Ini hanyalah contoh, karena Anda bisa dengan mudah mengalihkan ke halaman mana pun di blog Anda sesuka hati.

Sebenarnya artikel ini adalah cara yang saya lakukan beberapa waktu lalu ketika sebuah blog online store (dimana saya menjadi salah satu adminnya) mengalami sebuah masalah karena saya tidak bisa membuat sebuah url halaman statis yang diminta.
Kebetulan template yang dipakai untuk toko online tersebut mengharuskan adanya sebuah halaman yang sudah ditentukan urlnya. Template tersebut adalah buatan maskolis.com. Mungkin ada beberapa dari Anda mengalami hal serupa ketika menggunakan template tersebut. Lalu kenapa tidak menggunakan template lain jika template itu bermasalah ?? Setahu saya sekarang ini, toko online yang dibangun dengan platform blogspot akan terpenuhi kebutuhannya jika menggunakan template-template dari maskolis. Dengan kata lain, selain sangat bagus-bagus template-template disana memang sangat cocok untuk toko online berbasis blogspot. "saya belum pernah menemukan template blogspot gratis untuk online store sebaik ini".

Masalah yang saya alami adalah tidak bisanya saya membuat halaman terima kasih yang memiliki url http://alamatblog.com/p/terima-kasih.html. Berkali-kali saya buat halaman dengan judul "Terima Kasih", namun tetap saja ketika di publikasikan urlnya berbeda dengan sudah disyaratkan tadi. Selalu saja ada kata tambahan yang mengikuti url halaman yang saya buat. Ini menjadi masalah besar karena setiap pembeli selesai memesan barang, maka halaman terima kasih itu seharusnya tampil.

Saya mengatasi masalah ini dengan cara melakukan redirect, karena blogspot sudah menyediakan fitur ini. Berikut langkah-langkah redirect halaman ke halaman lain pada blog :
Pastikan terlebih dahulu Anda membuat halaman/postingan tujuan. Dan siapkanlah url yang akan di redirect dan url tujuannya. Biar mudah, copas saja dua url itu ke notepad
  1. Masuklah pada dashboard blogspot Anda.
  2. Kemudian klik Setelan > Preferensi > Pengalihan Khusus
  3. Pada baris "Dari" di isi url yang akan redirect/dialihkan dan pada baris "Ke", di isikan url tujuan.
    Yang perlu diperhatikan adalah pengisiannya url tidak harus secara lengkap. Saya ambilkan contoh pada kasus saya.

  4. URL Awal
    URL Tujuan
    http://www.saungku.com/p/terima-kasih.html http://www.saungku.com/p/terima-kasih-22.html

    cara redirect url artikel
    Maka pada baris "Dari" diisi dengan "terima-kasih.html" (tanpa kutip) dan pada baris "Kepada" diisi dengan "terima-kasih-22.html" (tanpa kutip).
    Jadi syntaxnya adalah bagian url yang beda saja.

  5. Dibawahnya ada check list untuk memilih permanen atau tidaknya, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  6. Setelah selesai klik simpan
  7. Anda bisa langsung mencoba berhasil atau tidak proses redirect url ini dengan cara membuka halaman dengan url yang lama (url yang diredirect). Jika halaman tersebut langsung berubah ke url halaman tujuan maka selesai sudah proses redirect/pengalihan url halaman posting ke url halaman lain pada blog yang anda lakukan.

Cara ini juga berguna jika Anda tidak ingin lagi sebuah halaman dibaca orang lain, namun Anda juga tidak ingin menghapus halaman itu dari peta situs Anda, karena memang menghapus sebuah url posting/halaman yang sudah terindex google akan menyebabkan error (broken link) kecuali Anda juga meminta google menghapusnya pada databasenya.

Comments

Anonymous said…
Trimakasih atas tutorialnya sangat mudah di mengerti, selama ini saya sering delet posting yang judulnya sama namun tampa ngeredirec. sangat berguna bagi saya.
oh ita saya cek di kotak paling atas ga usah url komplitnya ya??
trim
HARID said…
Benar tidak perlu seluruh urlnya, kalau postingan blog berarti dimulai dari tahun sampai seterusnya. Memang fitur ini disedikan khusus oleh blogger.com untuk memfasilitasi redirect tanpa script java atau script lainnya. Dan lebih asyiknya ini adalah legal.
HARID said…
@tw = Tentu saja kesalahan dalam penulisan url akan menyebabkan redirectnya tidak berjalan. Silahkan di cek ulang masing-masing url-nya.
apdm said…
hai,

bagaimana pula caranya untuk atasi error

daripada alamat domain ke alamat blogspot.

contohnya dulu saya guna www.sissyira.com tapi sekarang saya guna www.sissyira.blogspot.com,

bagaimana untuk atasi error yang berlaku itu,
kerana dalam google yang diindeks , link ini akan error bila di click.
Anonymous said…
Terima kasih atas tutorialnya, semoga anda sehat selalu dan salam blogger!
HARID said…
+Syira Qhaira : Jika yang dimaksud adalah custom domain beralih kembali ke blogspot, sebaiknya pada pengaturan > Dasar (basic) pada penerbitan tidak perlu di redirect agar tidak error.
Yoshiewafa said…
Kalau untuk wordpress self host bisa gak ya mas kira-kira link yang lama di redirect ke yang baru ?
HARID said…
Bisa mas.. Pakai java script..

Popular posts from this blog

Cara Mudah Membuat Email Gratis

Email Logo Cara Membuat Email Gratis - Untuk sebagian orang tidak merasa kesulitan dalam membuat email, tetapi tidak sedikit pula yang mengetahui langkah-langkah membuat email mengingat penetrasi internet di Indonesia tidak secepat negara-negara lain. Kamu yang baru mengenal internet, jangan takut dan sedih karena blog ini akan memandu kamu memahami seluk beluk internet dan perkembangannya. Sebelum kita masuk ke panduan bagaimana caranya membuat email secara gratis, ada baiknya kamu mengenali dahulu apa arti Email yang memiliki kepanjangan Electronic Mail (Surat Elektronik) ini dan kamu bisa membaca artikel mengenal email dan fungsinya, silahkan klik disini. Ada banyak layanan email yang bisa kamu gunakan, ada yang berbayar ada juga yang gratis. Pilih mana ? Berbayar atau gratis ? Penulis merasa tahu bahwa kamu memilih layanan email yang gratis, (kalau ada yang gratis kenapa harus bayar... ya kan ?) Untuk itu simak langkah-langkah membuat email gratis berikut ini... Layanan

Saatnya Total Action !!

Saya punya Saatnya Total Action - Itulah kata dalam hati saya karena terinspirasi oleh salah salah seorang blogger indonesia. Sebuah totalitas atas semangat membara tanpa menunda segala sesuatunya untuk terus melakukan total action Saatnya Total Action di cetuskan oleh Muhammad Risal sebagai bentuk kepedulian terhadap anak bangsa, khususnya untuk saya, anda dan mereka yang memiliki tujuan nyata dalam hidupnya. Punya tujuan ? Harus ada tindakan dan jangan menunda. Itulah sebuah makna terkait dengan saatnya total action.Bergetar hati saya saat pertama kali membaca saatnya total action di blog itu. Begitu bermaknanya arti dari kalimat saatnya total action tersebut bagi saya yang tidak pernah menyadari bahwa setiap penundaan akan berakibat kegagalan. Jika mau dipahami, memang tepat benar bahwa apa pun yang menjadi tujuan kita tidak akan pernah tercapai jika masih saja menunda untuk melakukan perjalanan. Dengan menanamkan saatnya total action dalam pikiran, maka tidak ada lagi m